Resep Cara Membuat Wajik Ketan Asli

Resep Membuat Wajik Ketan – Wajik termasuk kedalam jajanan tradisional bangsa Indonesia yang berasal dari pulau Jawa. Biasanya wajik disajikan saat ada acara hajatan-hajatan, baik itu pernikahan, khitanan, ataupun upacara adat.


Resep Wajik Ketan dan Cara Membuatnya
resep wajik ketan
Terbuat dari bahan ketan, wajik memiliki rasa yang empuk dan agak sedikit lengket menggoda. Wajik ini sangat cocok apabila anda sajikan sebagai camilan saat bersantai bersama keluarga. Jika penasaran, simak dan coba langsung praktikkan resep wajik ketan enak berikut ini.

Resep Wajik Ketan dan Cara Membuatnya
resep wajik ketan

Resep Membuat Wajik Ketan Enak


Bahan resep wajik ketan:

- Ketan putih sebanyak 400 gram, cuci bersih dan tiriskan
- Air panas cukup dengan 25 ml
- Santan kental dari 1 butir kelapa sebanyak 250 ml
- Gula merah cukup dengan 250 gr, sisir halus
- Daun pandan sebanyak 3 lembar
- Garam sekiranya ½ sdt


Resep Wajik Ketan dan Cara Membuatnya
resep wajik ketan
Cara Membuat Wajik Ketan dengan Mudah dan Praktis

1. Tahap pertama kukus terlebih dahulu beras ketan yang sudah dicuci selama kurang lebih 30 menitan. Setelah berjalan 15 menit, buka kukusan kemudian perciki beras ketan tadi dengan menggunakan air panas. Hal ini dilakukan agar tekstur wajik nantinya bisa empuk dan kenyal.

2. Sambil menunggu, rebuslah santan bersama dengan pandan, garam, dan gula merah. Ketika merebus usahakan mengaduknya agar tekstur santan tidak menjadi pecah-pecah. Jika sudah meletup-letup, matikan api.

3. Sekarang masukan beras ketan yang telah dikukus tadi ke dalam rebusan santan. Aduk-aduk kembali sambil memasaknya dengan api kecil. Usahakan santan semuanya sudah mengering dan meresap ke dalam ketan.

4. Tuang adonan ketan yang telah dibuat tadi ke dalam sebuah loyang berukuran 20x20x4 yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Diamkan sampai dingin kemudian potong-potong sesuai selera masing-masing.


Bagaimana, mudah sekali bukan? seperti itulah resep membuat wajik ketan yang bisa kami sampaikan. Agar rasanya semakin nikmat, Anda bisa mengonsumsi wajik ketan bersama dengan secangkir teh manis atau kopi.

Sekian informasi resep wajik ketan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi anda.