Resep Sambal Kacang Pecel Nikmat Khas Madiun

Resep Sambal Pecel Nikmat Khas Madiun – Siapa yang tidak kenal dengan pecel? Semua orang tentu sudah mengenal kuliner khas Indonesia satu ini. Jika kita lihat, sebenarnya kenikmatan pecel terletak pada bagian saus sambal kacangnya. Karena tanpa sambal kacang, pecel hanyalah sebuah sayuran rebus saja.

Dari banyaknya resep sambal pecel di Nusantara, resep dari Madiun lah yang paling terkenal. Sambal pecel Madiun memiliki rasa yang cukup khas dan nikmatnya pas di lidah. Nah, bagi Anda yang ingin mencicipinya, simak resep dan cara membuat sambal pecel Madiun berikut ini.

Resep Sambal Pecel Nikmat Khas Madiun

Resep Bumbu Sambal Pecel Khas Madiun

Bahan-bahan:
- Kacang tanah (berkulit) sekiranya ¼ Kilogram, digoreng
- Air asam cukup dengan 1 sendok makan
- Air hangat sebanyak 400 ml

Bumbu sambal kacang pecel (dihaluskan):
- Gula merah cukup dengan 75 gram, sisir halus
- Cabe keriting sebanyak 4 buah
- Cabe rawit bisa 5 buah (sesuai selera masing-masing)
- Kencur cukup dengan 5 centimeter
- Bawang putih sebanyak 5 siung
- Terasi sekitar 1 sendok teh (optional)
- Garam sekiranya ½ sendok makan
- Daun jeruk purut cukup dengan 5 lembar, buang tulang daunnya

Cara Membuat Sambal Kacang Pecel Dengan Mudah dan Praktis
1. Langkah pertama kita bisa menghaluskan kacang yang telah digoreng tadi. Haluskan dengan menggunakan cobek atau blender agar lebih mudah. Untuk tingkat kehalusannya sendiri bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Apabila ingin rasa kacangnya lebih menonjol, usahakan jangan terlalu halus.
2. Selanjutnya, masukan semua bumbu sambal pecel yang telah dihaluskan kedalam kacang tadi. Aduk-aduk sampai semua bumbu dapat tercampur secara merata.
3. Setelah tercampur secara merata, masukan air asam jawa secukupnya saja. Jangan lupa aduk-aduk lagi hingga tercampur merata. Kemudian tambahkan air hangat dan aduk kembali.
4. Terakhir, sajikan sambal pecel khas Madiun tersebut bersama dengan sayur rebus.
Bagaimana, mudah bukan? itulah resep membuat sambal kacang pecel nikmat Khas Madiun yang dapat kami sajikan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, salam.