Resep Membuat Wedang Ronde Tradisional

Wedang Ronde adalah minuman khas jawa yang biasa kita temukan penjualnya di pinggir jalan kota kota di Jawa Tengah (Semarang, Salatiga, Solo), Jawa Timur, dan Yogyakarta. Untuk di daerah Yogya sendiri, wedang ronde banyak dijual di alun-alun utara dan alun-alun kidul pada saat malam hari. Wedang ronde ini berkhasiat untuk menghangatkan tubuh. Berbeda dengan minuman Es Kopyor dan Es Teler Enak, wedang ronde ini adalah minuman yang disajikan hangat dan diseduh dengan air panas.

Resep Wedang Ronde

Menyantap wedang ronde bersama teman/pacar sangatlah nikmat terlebih ditemani suasana malam yang romantis. Wedang ronde ini adalah salah satu minuman tradisional, namun hingga kini masih digemari masyarakat jawa. Biasanya minuman ini dijual dengan harga 4.000-5.000 rupiah saja.

Bagi anda yang penasaran ingin mencoba membuat wedang ronde, kami akan menyediakan resepnya untuk anda. Silakan simak resepnya di bawah ini.

Resep Wedang Ronde:

Bahan: 
tepung ketan 250gr
jahe 1 buah dimemarkan
sereh 2 batang dimemarkan
kacang goreng tanpa kulit
gula pasir secukupnya
air putih

Cara membuat Wedang Ronde:
1. Rebuslah air dengan gula, sereh, dan jahe hingga mendidih lalu matikan
2. Uleni tepung ketan dengan air matang hangat sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dibentuk
3. Dibagi 3 bagian, satu berwarna putih, satu merah, dan satu hijau. Gunakan pewarna untuk mewarnai. Bentuk bulat sebesar kelereng
4. Didihkan air dalam panci, lalu masukkan bulatan tepung ketan tadi. Masak sampai mengapung
5. Masukkan bulatan ronde ke air wedang nomor 1 tadi

Seperti itulah kira-kira Resep Membuat Wedang Ronde. Anda bisa membuatnya di rumah dibantu anak anda. Wedang ronde ini cocok sekali diminum pada malam hari. Sekian ulasan resepsiapsaji.com kali ini. Baca juga artikel kami lainnya mengenai resep botok ikan laut. Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, silakan share resep ini ke teman-teman anda. Terima kasih.