Resep Kalio Buntut Sapi Khas Padang

Resep Kalio Buntut Sapi Khas Padang - Setelah sebelumnya saya membahas tentang Resep Mengolah Lidah Sapi Masak Pedas, kali ini saya kembali akan membahas tentang bagian dari sapi yang sering kali dimasak oleh ibu-ibu dan sangat disukai oleh banyak orang. Memang hampir semua bagian dari hewan sapi ini dapat dimasak menjadi makanan yang enak dan lezat, seperti iga sapi yang biasanya dimasak menjadi sop iga maupun iga bakar yang rasanya maknyus.

Resep Kalio Buntut Sapi Khas Padang


Di Sulawesi contohnya ada masakan berbahan dari tulang sapi besar yang cara makannya menggunakan sedotan kemudian disedot sumsumnya. Bentuknya seperti sop berkuah dan kaya akan rempah-rempah. Di Jawa ada sop buntut yang sudah terkenal kelezatannya. Kemudian di Tanah Minang ada juga makanan yang masuk ke dalam kategori makanan paling enak sedunia yaitu Rendang.

Masih berhubungan dengan Tanah Minang, kali ini saya akan memberikan Resep Khas dari Padang yaitu  Kalio Buntut Sapi. Kalio sendiri adalah masakan semacam rendang, namun kondisinya belum kering seperti rendang, sehingga masih basah dan sedikit berkuah. Cara masaknya pun hampir sama dengan berbahan santan.

Resep Kalio Buntut Sapi Khas Padang:

Bahan:
2 lembar daun jeruk purut
2 sdm minyak
1 batang serai yang telah dimemarkan/digeprek
1 lembar daun salam
1 liter santan cair (sesuaikan jumlah kelapanya)
1/2 lembar daun kunyit
buntut sapi

Bumbu yang dihaluskan:
5 butir kemiri dan 6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
2 sdt ketumbar
1cm kunyit
1 potong asam kandis
1/2 sdt jinten dan garam, dan gula secukupnya

Cara memasak:
1. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan serai, daun jeruk purut dan daun salam. Setelah baunya harum masukkan potongan buntut sapi. Aduk-aduk sampai berubah warna.
2. Tambahkan santan cair ke dalamnya dan masak sampai buntut lunak
3. Bila santan kering dan buntut belum lunak, maka tambahkan lagi santan dan juga air. Jangan khawatir karena santan akan menambah bumbu yang sudah matang nantinya
4. Masak hingga matang lalu angkat.

Jangan lupa untuk terus mengaduk saat proses memasak agar tidak kering dan menempel di wajan. Itulah Resep Kalio Buntut Sapi. Lain kali saya akan memberikan resep tentang cara memasak rendang kepada anda. Maka dari itu, simak terus artikel baru dari blog ini ya sobat kuliner.